Monday, March 4, 2013

TENDY IRIANTO | "7 PILLAR KESEHATAN"

untuk membangun suatu gaya hidup Sehat dan bahagia;
1- Udara yg bersih membawa oksigen murni diudara memasuki paru2 dan membuat peredaran darah lancar dan membawa kesegaran tubuh dan kesegaran pikiran, jauhi tanpa ragu2 lingkungan yg kotor, udara kotor, polusi, asap rokok, dan AC yg tidak terawat.
2- Air
Minumlah Air dlm jumlah yang cukup banyak (minimal: 2000-3000ml) atau 3 liter setiap hari sangat baik untuk tubuh dan makanlah Buah2an yg banyakmengandung air dan minum jus dlm jumlah lebih banyak setiap hari. Akan membantu system metabolisme tubuh kita mengalirkan nutrisi (zat2 mineral enzym yg dibutuhkan) ke sel2 tubuh kita dan membuat tekanan darah menjadi stabil normal, tubuh kita terdiri dari 80% cairan, bahkan seluruh organ tubuh kita termasuk Otak kita mengandung Sebagian besar cairan, dgn kata lain bahwa tubuh kita sangat bergantung dari banyaknya air yang diminum. Air yg sehat kaya akan nutrisi adalah dari buah2an segar yg di jus(murni) hati2 bila tubuh kekurangan Air maka tubuh akan mengambilnya dari cairan darah dan mengakibatkan darah menjadi kental, dan dehidrasi, gejala pusing kekurangan oksigen, dan kalau dibiarkan akan mengganggu fungsi organ2 tubuh, dan menciut termasuk otak kita, akan mengalami kerusakan permanen, Minumlah krn kita membutuhkan air jangan menunggu haus.
3-Makanan sehat,
makanan yang membangun untuk sel-sel tubuh kita, setiap hari kita membutuhkan Nutrisi dan enzym (zat hidup) yang Allah kasih melalui sayuranbuah2an, makanan organik lainnya, menghindari makan daging yg berlebihan atau tidak memakan daging sama sekali adalah lebih baik, Tubuh membutuhkan banyak serat untuk mengeluarkan kotoran2 dan racun2 berbahaya didalam usus kita, agar makanan lain tdk stagnan dan membusuk didalamnya, dan mengakibatkan terakumulasinya racun, dan akhirnya terbentuknya lendir, carsinogenik (menyebab cancer) dan munculnya microba, parasit-cacing didalam usus kita karena PH tubuh yang cenderung asam, dgn memakan sayuran dan buah2an dan Jus segar, maka selaln PH tubuh menjadi stabil (diatas 7,4) usus kitapun akan menyerap semua nutrisi dan enzym (zat2 hidup) juga menghasilkan serat yg akan membawa kotoran2 sisa makanan diusus yg tdk bisa dicerna keluar secepatnya dari usus kita dan membuat usus kita sehat. " U R what U eat "
4- ber Olah Raga lah setiap hari, sebab olahraga membuat tubuh mengocok air dan menstimulasikan darah dan memasukkan oksigen lebih banyak kedalam darah dan membangun otot2 kita lebih baik, tubuh manusia diciptakan untuk bergerak, Olah raga yang baik adalah minimal 3x seminggu dan yang terbaik adalah 5x seminggu, bahkan setiap hari. Dengan berolahraga cukup maka jantung akan bergerak lebih cepat dan memompa darah lebih baik dan otot jantung pun akan bertambah kuat. Olah raga yang paling baik adalah berjalan cepat, atau bersepeda, dan melakukan angkat beban. Olahraga sekaligus menghirup udara segar. Baik untuk tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang dan hati menjadi lebih gembira, dan menurunkan tingkat stress. Dan hati menjadi bahagia.
5-Tidur dan Istirahat yang cukup membantu tubuh memulihkan diri saat istirahat tubuh akan membangun sel2 memperbaiki sel2 rusak tidur yg baik adalah max jam 22,00-05,00 (7jam) dengan berolah raga setiap hari, dengan cukup akan membuat tubuh kita tidur dengan mudah dan melepaskan stress dengan baik dan membuat tubuh beristirahat sesuai kebutuhannya 5-7jam sehari Saat tubuh istirahat (tidur) Tubuh akan memulai tugasnya untuk membangun sel-sel baru dan melakukan detoxsystem melalui organ2 yg ada, Liver akan mencuci darah dan mengumpulkan kotoran2nya dan membuangnya melalui system pembuangan, ginjal menyaring air dlm tubuh dan Empedu akan mengeluarkan cairan nya untuk membantu imun system (GST) dan saat kita bangun, tubuh akan memperbaiki kerusakan-kerusakan dan membuat kita segar kembali.
6-pikiran yg damai dan penuh sukacita serta penuh cinta dan kasih sayang, akan membuat system metabolisme tubuh kita menjadi lancar dan perasaan bahagia membuat tubuh kita. Mengeluarkan cairan endorphine yang merupakan super antioksidan yang berguna untuk mengusir radikal2 bebas berbahaya, dan membangun imun system daya tahan tubuh dg sangat baik, tetapi stres yg tidak dikelola dg baik, akan mengeluarkan radikal bebas yg merusak sel2 baik, dan bersatu dgn lemak menghasilkan lemak peroksida yg akan mengkristal di pembuluh-pembuluh darah, dan menyumbat aliran darah dan merusaknya. Dan akhirnya mengakibatkan stroke yaitu pecahnya pembuluh darah.
7-Memiliki kehidupan spiritual dan hubungan yg baik, kepada Allah dan juga kepada sesama, manusia adalah mahluk Rohani, bukan melulu hanya mahluk jasmani, kita berbeda dgn binatang. Manusia sangat membutuhkan untuk berhubungan dgn Allah penciptanya. Dan sesamanya, Membangun kehidupan spiritual yang baik akan membangun kesehatan yang baik bagi jiwa kita. Bukankah tubuh manusia terdiri dari 3 bagian penting ( Body-Mind-Soul) ketiganya hrs lah seimbang, tubuh yg sehat harus diimbangi dgn Jiwa yg sehat (keinginan dan kehendak) Jiwa yg sehat membutuhkan Roh yang sehat, dan itu hanya bisa kita dapatkan ketika kita membangun kehidupan spiritual yang baik dan berdoa dan bersyukur setiap hari "Greatfullness" slamat menikmati kebahagian sebagai manusia ciptaan-Baru Nya ( "New Creation")
Tendy Irianto | Jin Xiang
A Beginning of "New Creation"

No comments:

Post a Comment